Wisata  

Wisata Sejarah di Osaka Castle atau Istana Osaka

Wisata Sejarah di Osaka Castle atau Istana Osaka
Wisata Sejarah di Osaka Castle atau Istana Osaka

Wisata Jepang tak melulu harus menikmati pemandangan indah. Wisata sejarah tentu memberi pengalaman tersendiri pada perjalanan Anda ke negeri Sakura ini.

Osaka Castle tak hanya sekedar destinasi favorit wisatawan, namun menjadi simbol sejarah paling dihormati penduduk Jepang.

Osaka Castle atau Istana Osaka wajib Anda masukkan dalam list kunjungan selama di Jepang. Letaknya di Osaka, Anda bisa mencapai destinasi satu ini dari 6 stasiun sekaligus.

Dari enam stasiun, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja untuk mencapai gerbang Osaka Castle. Enam Stasiun itu masing – masing Stasiun Osakajo Kitazume, Stasiun Osakajokoen, Stasiun Kyobashi, Stasiun Morinomiya, Tanimachiyonchome, dan Stasiun Temmabashi.

History Osaka Castle

Sebagai monumen yang dihormati di Jepang, Osaka Castle memiliki perjalanan panjang dalam sejarah Jepang. Awalnya, kastil ini mulai dibangun pada tahun 1583 di bekas situs Kuil Ishiyama Honganji, yang telah dihancurkan tiga belas tahun sebelumnya.

Sebagai kastil terbesar di Jepang pada saat itu, Jenderal Hideyoshi Toyotomi bermaksud agar Kastil Osaka menjadi pusat Jepang yang baru dan bersatu.

Doa terobsesi dengan emas. Toyotomi bersikeras bahwa emas diterapkan pada sebagian besar interior, sementara motif muncul di banyak awning eksterior hingga hari ini.

Namun, beberapa tahun setelah kematian Hideyoshi, kastil diserang dan dihancurkan pasukan Tokugawa.

Osaka Castle dibangun kembali pada tahun 1620-an, tetapi menara kastil utamanya disambar petir pada tahun 1665 dan terbakar.

Beberapa perbaikan kembali dilakukan hingga 1843. Istana Osaka ambruk untuk kali ketiga dan terakhir kalinya pada 1868, itu setelah sebagian besar kastil dibakar habis.

Baru pada tahun 1931 rekonstruksi menara yang sekarang dibangun. Hebatnya, ia selamat dari serangan udara selama perang. Pada tahun 1997, kastil mengalami perbaikan besar, dan sekarang menjadi daya tarik yang sangat populer.

Spot Menarik di Osaka Castle

Jika Anda mengunjungi Osaka Castle, tentu Anda tidak ingin ketinggalan spot menarik untuk diabadikan. Ada sejumlah tempat menarik untuk bisa diabadikan dalam gambar.

Itu seperti gerbang Sakura-mon, gerbang Ote-mon, Kubah Ichiban-yagura, Kubah Inui-yagura, Kubah Rokuban-yagura, Kubah Sengan-yagura, Kubah Tamon-yagura, dan Sumur Kinmeisui.

Selain itu, ada juga Gudang Kinzo, Magasin mesiu Enshogura, serta Dinding Osaka Castle di sekitar Ote-mon Gate.

Tempat Menarik di Osaka Castle

Jika sudah berkeliling di spot menarik, ada baiknya Anda mengunjungi juga tiga tempat ini, masing – masing :

* Taman Osaka Castle

Tempat ini menjadi favorit bagi semua kalangan. Baik digunakan nongkrong atau melakukan kegiatan lain. Terlebih jika berada di sini pad saat musim semi, seluruh Sakura akan bermekaran dan memberikan sensasi yang luar biasa.

Masih di bagian taman, Anda juga akan dimanjakan dengan keberadaan Kuil  Hōkoku, Kebun Plum Osakajo, dan Kebun Nishinomaru. Di sini, Anda bisa melihat puluhan jenis bunga aprikot.

* Lantai Puncak Osaka Castle

Lantai paling atas Osaka Castle biasa juga disebut sebagai dek observasi. Dari sini, Anda akan menyaksikan pemandangan langsung kota Osaka dan juga taman Osaka Castle.

* Museum Osaka Castle

Di tempat ini, Anda bisa melihat artifak – artifak bersejarah Jepang. Selain itu ada juga mural khas Jepang dan pameran interaktif. Anda akan diceritakan bagiaman sosok Hideyoshi dengan visinya menyatukan masyarakat Jepang semasa hidupnya.

Ini sedikit tentang Osaka Castel. Banyak pengalaman yang bisa Anda dapati di sini. Bisa menjadikan perjalanan Anda penuh kesan. Jangan lupa juga, untuk menikmati Osaka Castle dengan menaiki perhadi di parit yang ada untuk menyaksikan secara utuh bagian dari kastil ini.

Jika Anda ingin bepergian ke Jepang dengan biaya relatif murah dan fasilitas terbaik, direkomendasikan untuk menggunakan jasa tour jepang dari Tanogaido yang sudah berpengalaman sejak 2010.

Untuk mengatahui beragam paket yang ditawarkan, bisa menghubungi nomor admin yang tertera di tanogaido.com. (*)