Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana
6 votes, 3.00 avg. rating (63% score)

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana – Tari bedana merupakan tari yang mencerminkan tata kehidupan masyarakat Lampung sebagai perwujudan symbol adat istiadat, agama,etika yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat. Tari ini dibawakan oleh muda-mudi dalam acara-acara adat dan yang tidak resmi sebagai ungkapan rasa gembira.

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana

Gerak dasar tari bedana dimulai dengan salam dan diakhiri pula  dengan salam yang mana setiap gerakan dilakukan dengan sopan dan santun. Penari mengawalai dengan duduk tahtim kemudian memberi salam dan melangkah mundur dan maju. Langkah dan tari berikutnya memasuki penyampaian misi dari tari, yaitu ajaran dan nasehat kehidupan yang berasal dari agama islam.

Ragam gerak tari Bedana :

  1. Gerak tari tahtim
  2. Gerak khesek gantung
  3. Gerak khesek injing
  4. Gerak jimpang
  5. Gerak humbak moloh
  6. Gerak ayun
  7. Gerak gantung
  8. Gerak belitut
  9. Gerak gelek

Tarian ini sangat populer di Lampung, banyak dibawakan oleh para penari Lampung pada acara-acara resmi seperti pernikahan dan acara penyambutan tamu. Kita sebagai warga negara Indonesia umumnya dan Lampung khususnya wajib melestarikan warisan budaya ini.

Demikian tulisan mengenai Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana. Semoga Bermanfaat.

Advertisements

Teknik dan Gerak Dasar Tari Bedana




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>