Sejarah Perkembangan Akuntansi

Sejarah Perkembangan Akuntansi
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Sejarah Perkembangan Akuntansi

Sejarah Perkembangan Akuntansi. Penelitian terhadap sejarah akuntansi sudah semakin marak dan publikasi khusus menganalisis dan mempelajari sejarah akuntansi melalui berbagai publikasi akuntansi. Media Informasi akan mencoba untuk membahas Sejarah Perkembangan Akuntansi.

Perkembangan Sejarah Akuntansi Sejarah Perkembangan Akuntansi

Sejarah Perkembangan Akuntansi

Dalam membahas Sejarah Perkembangan AKuntansi ini kita harus dapat membedakan antara tiga hal, yaitu :

1. Sejarah lahirnya praktik akuntansi

2. Sistem Pencatatan akuntansi itu sendiri. Pada saat ini, sistem pencatatan yang dikenal adalah double entry accounting system.

3. Sejarah perkembangan ilmu akuntansi itu sendiri.

Kita bahas satu-satu ya 3 hal diatas icon biggrin Sejarah Perkembangan Akuntansi

1. Praktik Akuntansi

Praktik Akuntansi ini lebih kepada pencatatan akuntansi dalam arti pencatatan kejadian yang terjadi setiap hari nya. Pencatatan ini sudah dilakukan sejak adanya kehidupan sosial ekonomi manusia.

Seperti yang dikemukakan oleh Ernest Stevelink yang mengungkapkan “Mesir memiliki sejarah akuntansi yang panjang. Ribuan bukti catatan akuntansi dalam kulit kayu (papyri) yang ditemukan lebih lima belas abad yang lalu dan menjelaskan bahwa akuntansi itu telah ada lebih dari 3000 tahun yang lalu dengan beberapa tingkat kejelasannya.

2. Sejarah Metode Pencatatan Double Entry

Masih pada inget Bapak Luca Pacioli ? Yaaapp.. Aku dulu dikenalin sama guru ekonomi Luca Pacioli ini sebagai Bapak Akuntansi. Dalam bukunya Summa de Arithmatica, Geometrica Proportion et Proporyionalita menyebutkan ” Pencatatan transaksi tidak hanya mencatat pengaruhnya pada satu perkiraan, tetapi juga dilakukan pencatatan pada perkiraan lain. Menurut Ijiri (1996), Pacioli menjelaskan pencatatan transaksi perdagangan di Italia, dalam bab yang berjudul De Computis et Scripturis dengan double entry bookeeping system. Persamaan akuntansi double entry bookeeping system adalah sebagai berikut

Harta = Utang + Modal

Advertisements

Sebelum dikenalnya metode double entry bookeeping sytem, manusia telah mengenal metode single entry bookeeping system. Sistem ini hanya mencatat dalam satu pos atau satu kali yang tidak menimbulkan pengaruh pada pos lain sehingga terlihat seperti laporan biasa tidak seperti laporan keuangan sekarang yang sering kita temui. Ada beberapa kelemahan single entry bookeeping system :

a. Sulit dalam melakukan pengecekan validitas dan akurasi dalam pencatatan dan pembukuan dalam neraca percobaan

b. Kemungkingan data dan informasi yang hilang pada saat penyusunan laporan keuangan

c. Sulit dalam menganalisis transaksi dalam menyusun laporan keuangan.

d. Lemahnya tingkat keamanan intern perusahaan.

Sejarah Perkembangan Akuntansi

3. Perkembangan Ilmu Akuntansi

Beberapa masalah yang menimbulkan diperlukannya akuntansi adalah perkembangan ilmu yang berjalan sedemikian cepat, kegiatan ekonomi pun berkembang demikian cepat dan menimbulkan berbagai teknik dan penerapan sistem akuntansi di antara perusahaan-pperusahaan sehingga masalah perbandingan dan kebenaran (kewajaran) laporan keuangan menjadi permasalahan. Keadaan seperti ini terkadang menimbulkan prasangka negatif kepada pihak manajemen perusahaan dapat menyusun laporan keuangan sesuai yang mereka inginkan atau bisa dikatakan dapat memanipulasi data.

Oleh karena itu, pada tahun 1930 USA membentuk SEC (Security Exchange Commision) sebagai salah satu lembaga yang banyak mendorong tercapainya suatu prinsip akuntansi yang baku. Dari lembaga ini dan dari lembaga lainnya muncullah konsep, teori, dan perumusan-perumusan yang sistematis tentang teori akuntansi.

selain dari tiga hal di atas, Media Informasi juga akan membahas tentang sejarahPendidikan Akuntansi di Indonesia.

Pendidikan Akuntansi di Indonesia.

Sebelum dikeluarkannya UU No. 34/1954 tentang gelar Akuntan, semua orang dapat menyatakan dirinya selaku akuntan dan memakao gelar akuntan. Dulu, orang yang lulusan dari fakultas Ekonomi Universitas Negeri gelarnya selain SE, mereka langsung dapat gelar Akt atau akuntan. Nah, bonus gelar ini jadi masalah bisa dikatakan membuat iri lulusan dari universitas swasta yang statusnya tidak disamakan.Jadi, karena hal tersebut sekarang yang ingin mendapatkan gelar akuntan harus mengikuti pendidikan profesi akuntansi selama satu tahun dan mengikuti ujian yang diadakan oleh IAI.

Dalam rangka meningkatkan penguasaan akuntansi terhadap pengetahuan dan kompetensi teknis di bidang akuntansi, dan untuk menyongsong keterbukaan dalam era perdagangan bebas, maka IAI dengan dukungan Departemen Keuangan RI menyelenggarakan Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP), dengan tujuan untuk menguji kemampuan akuntan untuk berpraktik sebagai Akuntan Publik.

Sejarah Perkembangan Akuntansi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>