Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal

Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal
1 vote, 5.00 avg. rating (92% score)

Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal - Tes Potensi Akademik (TPA) sering banget kan kita mendengar ini? Apalagi buat kalian yang mau ikutan ujian masuk perguruan tinggi baik S1, S2, dan S3 pasti akrab banget dengan TPA. Biasanya ujian untuk masuk perguruan tinggi pasti dengan melihat nilai dari TPA untuk dinyatakan lulus atau tidaknya. Perguruan tinggi biasanya memberikan syarat nilai TPA yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa lulus ke tahap selanjutnya. Bukan cuma untuk ujian masuk perguruan tinggi, ada juga perekrutan karyawan mengharuskan mengikuti Tes TPA atau Tes Potensi Akademik. Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil juga diharuskan mengikuti Tes TPA. Tes TPA juga digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat jabatan setingkat manajer dalam perusahaan.

Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal 150x150 Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal

Tes Potensi akademik adalah sebuah tes untuk mengukur kemampuan dan bakat seseorang dalam bidang akademik. Skor TPA biasanya sesuai dengan kebijakan dari penyelenggara. Di Indonesia  TPA yang sudah diakui secara Internasional yaitu yang diselenggarakan OTO Bappenas. Skor yang paling rendah adalah 200 dan paling tinggi 800. Pasti kalian semua menginginkan nilai tinggi kan agar bisa lulus dalam seleksi. Jangan khawatir, saya akan berbagi informasi tentang Contoh Soal TPA beserta tips dalam mengerjakan soal TPA agar kalian bisa dengan mudah mengerjakan Tes TPA dan jangan lupa untuk sering berlatih mengerjakan soal TPA disini.

Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal

Tes TPA biasanya dibagi dalam 3 materi,yaitu kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan penalaran. Namun, saat ini saya akan membahas tentang Kemampuan Verbal.

Kemampuan verbal adalah kemampuan untuk memahami kata, mencerna, dan mengingat kata tersebut. Biasanya untuk kemampuan verbal ini terdiri dari sinonim, antonim, dan analogi.

1. Persamaan Kata atau Sinonim

Kita mulai dari Persamaan Kata atau yang sering disebut dengan sinonim. Sinonin digunakan untuk mencari satu kata yang setara atau sama dengan makna yang diminta.

Tips dalam mengerjakan soal sinonim :

1. Soal sinonim dari kata serapan dapat diidentifikasi dengan cara memilih jawaban yang memiliki kemiripan bunyi, baik di awal atau akhir suku kata.

2. Lebih sering membaca untuk menambah pengetahuan dan membaca Kamus Bahasa Indonesia.

Contoh Soal TPA Sinonim :

1. REKOGNISI = ….

a. Pengembalian

b. Pemberitahuan

c. Pengakuan

d. Tuntutan

e. Perubahan

Kenapa jawabannya adalah C? Kita harus mengetahui dulu pengertian dari rekognisi. Rekognisi adalah hal atau keadaan yang diakui. Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah C.

2. KONVENSI = …

a. Musyawarah

b. Kesepakatan

c. Ketentuan

d. Perundingan

e. perpindahan

Advertisements

Dalam menjawab sinonim pada dasarnya kita harus mengetahui arti dari kata yang diminta. Seperi KONVENSI yang mempunyai arti kesepakatan umum terutama mengenai bentuk-bentuk tata krama; adat istiadat atau kebiasaan yang berdasarkan kesepakatan umum. Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah B.

2. Antonim atau Lawan Kata

Antonim atau lawan kata digunakan untuk menguji sejauh mana kita mengetahui lawan kata dari kata yang ditanyakan.

Tips mengerjakan soal antonim :

1. Hati-hati dalam mengerjakan soal antonim. Kebanyakan orang keliru dalam menjawab antonim. Jangan sampe kalian mengisi jawaban antonim dengam sinonim. Sering banget jawabannya yang diberikan mengecoh untuk jadi pilihan.

2. Untuk kata serapan dengan menggunakan kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.

Contoh Soal TPA Antonim :

1. GRATIFIKASI ><

a. bonus

b. potongan

c. denda

d. revisi

e. hadiah

Gratifikasi adalah uang hadiah kepada karyawan diluar gaji yang ditetapkan. Oleh karena itu lawan katanya adalah denda (c).

2. DEDUKSI ><

a. Induksi

b. Konduksi

c. Transduksi

d. intuisi

e. Gradasi

Untuk kata serapan dengan menggunakan kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.

3. Analogi atau Padanan Kata

Tes analogi ini untuk mengetahuisejauh mana kemampuan kalian dalam melihat kesamaan pola, menarik makna, dan fungsi kata yang diminta.

Tips mengerjakan soal analogi atau padanan kata :

1. Cobalah untuk membangun hubungan yang tepat antara kata-kata dalam pasangan yang diberikan. Hal ini bisa membantu untuk mengungkapkan hubungan dalam frase atau kaliamt. Selanjutnya mencari jawaban yang sama dengan soal yang diberikan.

2. Jangan pernah memutuskan jawaban terbaik tanpa membaca semua pilihan jawaban.

3. Berlatih. Selalu berlatih untuk bisa menjawab soal tes tpa.

Contoh Soal TPA Analogi atau padanan kata :

1. BAWANG : SIUNG = … : …

a. Buku : lembar

b. Pakaian : kodi

c. telur : butir

d. Kain : Meter

e. Kertas : kilogram

Bawang dihitung dengan siung, begitu juga dengan telur dihitung dengan butir. Jadi pilihan yang paling tepat adalah c.

2. DISELESAIKAN : RAGU = … : …

a. Dikonfirmasi : curiga

b. Diumumkan : pencalonan

c. Dimasukkan : tamu

d. memulia : mengakhiri

e. Disarankan : ide

Diselesaikan agar tidak ragu, dikonfirmasi agar tidak curiga. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Demikianlah Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal yang bisa diberikan. Kalo kalian mau berlatih tes TPA silahkan mampir ke tes tpa. Gratis. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal TPA Kemampuan Verbal




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>