Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)

Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)
2 votes, 3.00 avg. rating (68% score)

Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid) – Kalo nyeri yang satu ini pasti menjadi langganan para cewek setiap bulannya. Kalo udah ngalamin ini rasanya perut sama pinggang kayak mau lepas. Apalgi kalo udah hari pertama, pasti para cewek langsung menjadi orang yang paling sensi. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid) ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu Dismenore.

Cara Menghilangkan Dismenore Nyeri Haid Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)

Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)

Pada kebanyakan wanita, ketika masa-masa mentruasi akan merasakan rasa nyeri di sekitar vagina dan perut bagian bawah. Nyeri tersebut dikenal dengan sebutan dysmenorrhea (disminore). Dysmenorrhea merupakan nyeri haid yang sedemikian hebatnya sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari  dalam beberapa jam atau beberapa hari. Rasa nyeri pada saat menstruasi adalah hal yang wajar dan lazim. Namun, jika rasa nyeri tersebut cukup mengganggu serta berlebihan,  maka hal ini merupakan suatu masalah. Terutama apabila rasa nyeri itu sampai membatasi/menghambat aktivitas sehari-hari.

Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)

Dismenore ini ada dua macam yaitu Dismenore primer dan dismenore sekunder. Dismenore primer timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertama. Nyeri pada dismenore primer berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Sedangkan Dismenore Sekunder adalah nyeri yang disebabkan oleh kelainan kandungan. Dismenore Sekunder ini jarang ditemui oleh wanita di dunia ini. Penyebab dismenore sekunder adalah : endometriosis, fibroid, adenomiosis, peradangan tuba falopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut, dan pemakaian IUD.

Advertisements

Dismenore berdasarkan intensitas nyeri dibagi menjadi tiga yaitu :

  1. Dysmenorrhea ringan, yakni dysmenorrhea dengan rasa nyeri yang berlangsung beberapa saat sehingga perlu istirahat sejenak untuk menghilangkan rasa nyeri, tanpa pemakaian obat-obatan.
  2. Dysmenorrhea sedang, yakni dysmenorrhea yang memerlukan obat untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa perlu men inggalkan aktivitas sehari-hari.
  3. Dysmenorrhea berat, yakni dysmenorrhea yang memerlukan istirahat sedemikian lama dengan akibat meninggalkan aktivitas sehari-hari selama satu hari bahkan lebih.

Tanda-tanda Dismenore atau nyeri haid :

  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Kram yang terus ada
  • Nyeri timbul saat sesudah atau selama haid

Dismenore (nyeri haid) ini akan sangat mengganggu kita untuk aktivitasan. Media Informasi akan mencoba membahas Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid).

  1. Kurangi konsumsi kopi
  2. Istirahat yang cukup
  3. Olahraga teratur
  4. Pemijatan
  5. Kompres dengan air hangat
  6. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  7. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran
  8. Tinggikan posisi pinggul melebihi bahu ketika tidur telentang untuk membantu Menghilangkan dismenore.

Demikian pembahasan saya tentang Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid). Jika Dismenore yang dirasakan berlebihan sebaiknya di konusltasikan kepada dokter kandungan.

Cara Menghilangkan Dismenore (Nyeri Haid)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>