Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga
4 votes, 4.25 avg. rating (85% score)

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah TanggaMengatur keuangan memang bukan hal yang mudah. Keuangan selalu menjadi masalah utama dalam kehidupan sehari-hari. Keribetan-keribetan mengatur keuangan paling utama dialami oleh kehidupan rumah tangga karena pasti banyak banget bagian-bagian yang harus dipikirin. Mulai dari kebutuhan sekolah, kebutuhan sandang, pangan, dan kebutuhan lainnya. Kalo untuk mengatur keuangan pribadi mungkin tidak terlalu ribet kayak mengatur keuangan rumah tangga. Tapi, jangan salah kadangan orang menganggap dirinya masih sendiri dengan penghasilan yang besar jadi bisa semau-maunya make uang tanpa ada perencaan. Mau sebesar apapun penghasilan, pasti bakal kekurangan.

Cara Mengatur Keuangan Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga

Pada dasaranya masalah sulit mengatur keuangan bukan dari penghasilan yang besar atau kecil. Biasanya karena kebiasaan kita memenuhi ‘keinginan’ bukan ‘kebutuhan’ kita. Pasti sering kan kita mengalami hal ini. Apalagi kalo lagi jalan-jalan di Mall, rencana sih mau beli belanja kebutuhan bulanan tapi malah beli barang-barang yang lain. Biasanya barang yang dibeli itu bukan barang yang mendesak, misalnya beli baju, sepatu, dan lainnya. Boleh-boleh aja sih kalo mau belanja tapi harus bener-bener diperhitungkan. Jangan sampe keinginan memotong budget untuk kebutuhan.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga

Banyak orang mengatasi masalah sulit mengatur keuangan dengan menggunakan jasa konsultan keuangan. Boleh sih, tapi mungkin itu untuk mengatur keuangan yang lebih besar dan yang memang belom pernah kita coba dengan Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga kita sendiri. Kalo kita udah coba dengan cara kita sendiri dan ternyata masih gagal, silahkan deh menggunakan jasa konsultan keuangan agar lebih baik. Ini ada beberapa Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga yang bisa kalian coba.

Advertisements

1. Mengetahui Kebutuhan

Untuk mengatur keuangan, kita harus mengetahui apa saja kebutuhan-kebutuhan pribadi kita yang harus kita penuhi. Untuk yang berumah tangga, suami dan istri harus mengetahui apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi. Bayar listrik, bayar cicilan-cicilan, bayar kartu kredit, dan biaya-biaya pengeluaran lainnya. Untuk yang berumah tangga hal ini sangat penting diketahui oleh suami dan istri agar tidak terjadi salah paham. Kalo misal hanya suami yang bekerja dan nggak mau tau tentang pengeluaran rumah tangga, ini pasti bisa menimbulkan masalah.

2. Menabung

Mau nggak mau kita harus menyisihkan uang dari penghasilan kita untuk menabung. Setelah kalian menerima penghasilan langsung sisihkan 30% misalnya untuk menabung. Hilangkan kebiasaan menabung dengan uang sisa. Hal ini sulit banget dilakuin. Kalo menabung dengan sisa uang pasti bakalan jarang menabung.

3. Anggaran

Kita harus sebisa mungkin merencanakan apa saja yang kita butuhkan. Dalam merencanakan anggaran, boleh aja memasukkan anggaran ke salon, liburan, dan lainnya. Tapi jangan sampe berlebihan. Usahakan anggaran jangan sampe habis. Maksudnya, pengeluaran kita harus lebih kecil dari penghasilan.

4. Hindari Hutang

Sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit atau cara lain yang menyebabkan kita mempunyai hutang untuk hal-hal yang nggak terlalu penting. Biasakan hidup dengan apa yang ada, jangan terlalu memaksa.

5. Investasi

Setelah kita merencanakan semua kebutuhandan sedikit keinginan kita. Manfaatkan uang dengan berinvestasi dalam bentuk apapun. Mungkin saat ini orang lagi menggandrungi investasi dinar yang menurut orang-orang investasi yang cukup baik.

Itu tadi beberapa informasi tentang Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga. Mudah-mudahan kita bisa mengatur keuangan lebih baik lagi.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>