Cara Mengatasi Anemia

Cara Mengatasi Anemia
1 vote, 5.00 avg. rating (93% score)

Cara Mengatasi Anemia – Anemia atau kurang darah sering banget dialami oleh setiap orang. Hal ini akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Secara umum memang sangat mengganggu aktivitas, namun anemia yang tidak diatasi dnegan cepat akan menimbulkan penyakit baru. Banyak orang yang menganggap remeh anemia, padahal anemia ini nggak bisa dipandang dengan sebelah mata. Biasanya orang-orang yang sering mengalami anemia berpikir cukup dengan istirahat maka anemia akan sembuh dengan sendirinya. Istirahat memang sangat dibutuhkan, namun pemeriksaan ke dokter dan Cara Mengatasi Anemia harus lebih diperhatikan.

Anemia adalah penurunan jumlah sel darah merah dari jumlah kuantitas hemaglobin normal dalam darah. Anemia juga bisa menjadi awal dari munculnya penyakit kronis seperti kanker atau thalasemia. Gejala awal anemia atau kurang darah ini memang agak sedikit sulit untuk diketahui. Oleh karena itu kebanyakan orang-orang yang mengalami anemia sudah berada pada stadium lanjut.

cara mengatasi anemia 150x150 Cara Mengatasi Anemia

cara mengatasi anemia

Keluhan-keluhan seperti badan terasa lemas, mudah lelah, sering mudah sakit, sulit konsentrasi, rambut rontok, serta mulut dan kerongkongan terasa kering dianggap biasa akibat bekerja atau beraktivitas sehari-hari. Gejala-gejala anemia yang seperti ini sebaiknya harus diperhatikan dengan baik. Selain itu juga, kita harus mengetahui apa saja yang menyebabkan terjadinya anemia atau kurang darah.

Penyebab Anemia :

a. Kurang konsumsi zat besi, vitamin B 12, asam folat, dan vitamin C

Pada dasarnya anemia muncul karena kita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat bsi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C. Unsur-unsur ini sangat penting bagi tubuh untuk mengatasi anemia.

b. Haid Berlebihan

Wanita yang sedang mengalami menstruasi sangat rentan terkena anemia. Apalagi jika darah yang dikeluarkan cukup banyak dan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan lainnya.

Advertisements

c. Kehamilan

Wanita dalam masa kehamilan juga akan rentan mengalami anemia karena janin yang dikandungnya akan menyerap zat besi dan vitamin untuk pertumbuhannya.

d. Penyakit Radang Kronis

Beberapa penyakit seperti masalah pada kelenjar tiroid, kanker dan penyakit lainnya yang menyebabkan pendarahan terus menerus dapat menjadi penyebab anemia karena mempengaruhi proses pembentukan sel darah merah.

Cara Mengatasi Anemia

Seperti yang dijelaskan tadi, gejala anemia ini sangat sulit untuk diketahui. Penyakit anemia ini tidak datang secara tiba-tiba namun berangsur-angsur dengan gejala yang sering kita anggap akibat bekerja. Sebaiknya kita lebih aktif lagi dalam memperhatikan kesehatan. Kalo udah mengalami gejala-gejala seperti itu lebih baik langsung diatasi. Ini ada beberapa Cara Mengatasi Anemia yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia ke stadium lanjut.

1. Konsumsi zat besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat dianjurkan untuk mengatasi anemia. Sayuran-sayuran hijau sangat baik untuk menambah zat besi dalam darah. Selain dari sayuran, makanan lain seperti ayam, daging, kacang-kacangan, dan ikan sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Konsumsi Buah

Mengkonsumsi buah-buahan seperti semangka, anggur, dan apel sangat baik untuk mengatasi anemia.

3. Konsumsi Daun Bawang Merah

Mengkonsumsi daun bawang merah juga dipercaya dapat mengatasi anemia. Caranya hanya dengan merebus daun bawang merah secukupnya, kemudian campurkan sebutir kuning telur.

4. Hati-hati dalam pengguanan obat-obatan

Dalam mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya sangat diperhatikan dan usahakan sesuai dengan anjuran dokter. Konsumsi aspirin dan obat anti inflamasi dapat menyebabkan iritasi lambung.

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Anemia yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Selain melakukan Cara Mengatasi Anemia diatas, pemeriksaan ke dokter juga sangat dianjurkan.

Cara Mengatasi Anemia




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>